Makanan Khas Tanah Minang Favorit Sejuta Umat

Makanan Khas Tanah Minang Favorit Sejuta Umat

Siapa yang tak kenal dengan nasi Padang. Yups!… nasi yang sangat terkenal enak luar biasa lengkap dengan sensasi pedasnya, membuat siapapun ketagihan. Rendang daging, ayam balado, sate padang hingga keripik balado adalah makanan yang sangat akrab di telinga, meskipun penggemarnya tidak berasal dari daerah Minang.

Masakan padang banyak tersebar di Indonesia, banyak ditemukan warung makan khas Padang yang hampir ada di tiap kota di Indonesia. Banyak orang yang menjadikan masakan padang sebagai makanan favorit mereka. Apa saja makanan khas dati Tanah Minang, berikut ini rangkumannya.

Rendang

Rendang adalah makanan dari Minang yang paling populer. Makanan yang berbahan daging sapi yang di masak dengan rempah rempah khas dari Minang. Untuk membuat rendang di lakukan dengan cara memasak menggunakan santan secara berulang hingga mengering, serta memakan waktu yang cukup lama.

Yang membanggakan, rendang pernah menjadi 50 makanan terlezat  di dunia versi CNN Internasioanl pada tahun 2011. Dengan rasa yang khas dengan aroma rempahnya yang beragam membuat rendang banyak di gemari orang orang.

Soto Padang

Soto Padang juga cukup terkenal karena rasanya yang sedap berbahan daging sapi yang di goreng kering di campur dengan kuah kaldu dari daging sapi. Soto Padang di sajikan bersam bihun dan perkedel kentang, membuat rasa soto terasa gurih dan lezat, cocok sekali di nikmati saat hangat di tengah hawa yang dingin.

Dendeng Balado

Dendeng balado adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang di keringkan lalu di goreng kering. Biasanya dendeng balado akan disajikan dengan siraman sambal yang merah. Dendeng balado ada dua jenis, yaitu kering dan basah. Dendeng balado yang kering tida disajikan dengan kuah sambal, sedangkan yang basah disajikan dengan air rebusan cabe.

Gulai Tunjang

Gulai tunjang yaitu gulai kikil, dan ciri khas gulai tunjang adalah adanya campuran tulang lunak di dalam gulai. Gulai tunjang memiliki tekstur yang lunak dengan rasa pedas dan gurih, dan biasanya disajikan bersama kuah santan merah dengan bumbu yang khas.

Asam Padeh

Ciri khas masakan Padang adalah kuah santannya, namun masakan yang satu ini tidak mengandung santan yaitu asam padeh. Asam padeh adalah masakan yang menggunakan ikan tongkol, ikan sarden atau daging sapi sebagai bahan utamanya. Rasa yang di miliki asam padeh sedikit asam yang berasal dari asam kandis kering.

Kalio Daging

Kalio adalah rendang setengah jadi yang masih berwarna coklat, dan belum menghitamseperti layaknya rendang. Kalio mempunyai tekstur yang lengket serta aroma karamel yang kuat, rasanya pun tidak terlalu pedas dan daging lumayan empuk.

Kira kira, masakan Padang yang mana yang akan kamu coba terlebih dahulu. Oh ya di Minang Kabau pun banyak tempat wisata asyik lho… Selamat mencoba!

About the Author: admins